Translate

Minggu, 11 September 2016

Tahu Bacem Dan Sambal ^_^




Tahu bacem, adalah salah satu makanan favorit saya sejak masih kecil hingga sekarang. Kadang saya makan sebagai lauk, sering juga saya gado begitu saja sebagai cemilan. Dimakan sambil nyeplus cabe, wuaahh... lupa deh sama sekitar, hihihi....



Kalau sedang bikin tahu bacem, saya pasti hanya akan makan dengan tahu bacem saja plus sambal. Tidak pakai sayur atau lauk yang lain lagi. Meskipun tetap memasak menu lain untuk suami dan anak-anak, tapi saya nggak ikut makan. Pokoknya saya Cuma makan pakai tahu bacam dan sambal. Terkadang saya makan pakai cobek yang bekas buat ngulek sambalnya... wuaahhh... mantep tenaaann.... hehehe.... bisa habis nasi banyak saya.
Ini resep tahu bacem ala-ala saya:
Bahan:
20 buah tahu kulit
150 gr gula merah
6 butir bawang merah, 6 butir bawang putih
1 sdt ketumbar
Garam secukupnya
Air secukupnya untuk merendam tahu
Cara membuat:
Ulek bawang merah, bawang putih, dan ketumbar.
Tambahkan gula merah dan garam. Haluskan.
Siapkan panci, masukkan tahu dan bumbu.
Oh ya, sebelumnya, semua tahu saya sayat seperti ini temans... supaya bumbunya lebih mudah meresap.

Setelah tahu dan bumbu masuk ke panci, tuang air sampai semua tahu terendam. Tutup rapat dan rebus dengan api kecil hingga kuah menyusut.
Sesekali bolak balik tahu agar bumbunya merata.
Setelah matang, angkat, lalu goreng. Selesai.......

Pelengkapnya, selain cabai, saya juga sering membuat sambal. Kalau mau digadoin tinggal dicocol saja ke sambalnya. Atau kalau mau dimakan bersama nasi hangat, enak juga.....
Biasanya kalau mau membuat sambal saya pakai resep ini:
Bahan:
1 ons cabai merah (saya gak pakai rawit karena tidak terlalu suka pedas. Kalau yang suka pedas bisa tambahkan cabai rawit)
6 buah bawang merah, 4 buah bawang putih
1 sdt terasi bakar
1 buah tomat merah
2 sdm gula merah
Garam secukupnya
Cara membuat:
Goreng cabai, bawang, dan tomat hingga matang dan layu.
Haluskan bersama terasi, gula merah, dan garam. Selesai.

Tinggal ngambil sepiring nasi hangat,... tahu bacem dan sambal pasti akan ludes dengan segera ^_^

7 komentar:

  1. Saya dan keluarga juga suka sekali makan tahu, apalagi kalau masih panas, dicocol sambal cabe kecap, wih, mantep! :)

    BalasHapus
  2. Saya dan keluarga juga suka sekali makan tahu, apalagi kalau masih panas, dicocol sambal cabe kecap, wih, mantep! :)

    BalasHapus
  3. Ngiler liat dan bacanya.
    Mau coba bikin juga ahh buat cemilan di rumah ehhehe

    BalasHapus
  4. Duh jam segini baca postinganmu mbak bikin ngiler,hihi. Nyontek ya mba, suami jg suka tahu goreng. Makasiiiih.

    BalasHapus
  5. Saya kalo bikin tahu dan tempe bacem kok gagal terus ya di rasa. Entah tanganku ini kurang cocok atau memang diriku yang gak bisa masak. Hehe...

    BalasHapus
  6. Baca beginian pas perut lg kroncongan jadi tambah demo nih perutnya pengen makan..
    Tahu bacem juga makanan saya waktu kecil.. dan sampai sekarang juga masih suka doyan buat makan pake tahu bacem
    Jangan lupa berkunjung juga ya di Fauna di Indonesia

    BalasHapus
  7. Tahu bacem ini makanan favorit saya, legit, gurih, dan ngangenin, hihi

    BalasHapus