Translate

Rabu, 21 Februari 2018

Membuat Boneka Sendiri



Kemarin Kak Raki mendapat tugas prakarya membuat boneka. Bahan-bahan yang disiapkan banyak, tapi yang terpakai cuma seuprit saja, akhirnya bahan-bahan tersebut berpindah ke tangan Rafka. Dan Rafka memaksa saya membuat boneka juga, hahaha.....

Apapun yang sedang saya lakukan dikintilin terus sambil terus-terusan bertanya,
“Lama nggak Ma masaknya?”
“Lama nggak Ma nyuci berasnya?”
“Lama nggak Ma nyuci piringnya?”
Jadi biar saya bisa ngapa-ngapain dengan tenang, saya harus membuat boneka dulu untuknya ^_^

Nah, ini dia bahan dan alat yang kami siapkan:

*benang wol dan botol yaku*t 

*kain flanel warna-warni

*mata boneka, beberapa kancing/manik-manik

*tutup botol/tutup balsem

*lem, gunting, pulpen, penggaris

Cara membuat:

*lilitkan benang wol pada botol yaku*t

Sampai penuh seperti ini

*gunting kain flanel kecil memanjang sehingga berbentuk seperti pita

*lilitkan pada ‘leher’, berikan aksen di bagian depan pita. Bisa dengan kancing atau manik-manik. Di sini saya membuat bunga kecil dari kain flanel. Lalu sekalian tempelkan mata dan mulutnya

*saatnya membuat topi. Di sini saya menggunakan tutup balsem. Gunting kain flanel mengikuti pola lingkaran tutup balsem, gunting pula pola memanjang untuk menutup sekeliling tutup balsem

*tempel kain flanel tersebut ke tutup balsem sampai tutup balsem tertutup seluruhnya

*kalau sedang rajin, bisa dijahit seperti ini. Tapi pakai lem saja juga sudah cukup kuat kok.

*buat pola lingkaran dengan ukuran yang lebih besar

*tempel pada bagian bawah tutup balsem 

*lalu tempelkan di bagian atas botol yaku*t


*tempel ‘sepatu’ di bagian bawah

*selesai...... ^_^
Nah sekarang saya bisa melakukan pekerjaan saya lagi tanpa terus dibuntuti oleh Rafka hehehe.

Semoga menginspirasi,
Terima kasih sudah membaca ^_^

5 komentar:

  1. Aku pingin buat pakai botol susu itu mbak, rada gede. Paling apik ya. Nanti mbak Rita arep taksaingi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayuukk mbaa... taktunggu postingannya yg pakai botol susu😉

      Hapus
  2. Wooowww... ga kepikiran ya dari botol minuman itu bisa jadi boneka cantik. Itu botol Yakult padahal aku sering punya kan langganan tiap Jumat. Aku mau coba ah, siapa tau bisa jadi pajangan di ruang keluarga. Keren!

    BalasHapus
  3. kreatif bangett yahh, hasilnya bagus banget

    BalasHapus