Translate

Jumat, 07 Februari 2014

Pemanis Sehat Untuk Keluarga Sehat


Sewaktu kecil, saya sangat suka mengulum gula aren. Rasanya yang manis legit benar-benar membuat saya ketagihan. Setiap kali nenek saya sedang memasak, saya pasti akan berusaha untuk selalu dekat-dekat dengannya, berharap mendapatkan secuil gula arennya.

Hingga saya besar, kegemaran terhadap gula aren tidak pernah memudar. Kalau teman-teman saya suka membelanjakan uang jajan mereka untuk membeli berbagai macam permen dan gula-gula, maka saya lebih suka pergi ke dapur dan mengambil secuil gula aren. Jadi bisa menabung kan? Hehe…

Setelah dewasa, kebiasaan ini bukannya berkurang, tapi justru semakin bertambah. Ya. Sekarang saya bukan hanya sekedar mengambil secuil gula aren di dapur, tapi juga menambahkannya ke dalam aneka masakan dan camilan yang saya buat untuk keluarga.

Kegemaran mengulum gula aren ini pernah membuat saya kehabisan gula aren ketika hendak memasak. Saya lupa kalau stok gula aren sudah tinggal sedikit sementara untuk pergi ke warung lagi untuk membeli sudah tidak ada waktu. Akhirnya dengan terpaksa, saya gunakan saja stok gula aren yang tersisa dengan menambahkan sedikit gula pasir. Hasilnya? Anak-anak protes karena rasa tumis kangkung mereka tidak selezat biasanya. Rupanya tanpa sadar, kegemaran akan gula aren ini telah menurun kepada anak-anak saya. hahaha…..

Selain tumis kangkung kegemaran mereka, anak-anak saya juga paling senang kalau saya buatkan cupcake untuk mereka. Kami biasa menyebutnya Palm Sugar Cake karena pemanis yang saya gunakan adalah palm sugar / gula aren / gula jawa.

Kalau untuk suami, camilan kegemarannya adalah pudding cendol, tentu dengan saus gula aren/palm sugar. Nah, terbukti kan? Kegemaran saya terhadap gula aren ini telah menyebar ke seluruh anggota keluarga. Hihihi….

Kalau dulu saya harus bersusah payah untuk menyerut atau mencairkan gula aren untuk berbagai kebutuhan jenis masakan, sekarang saya sudah menemukan produk palm sugar dalam bentuk dan kemasan yang sangat praktis. Ya. Produk gula aren/palm sugar dari Arenga kini telah hadir dalam bentuk gula semut dan juga gula cair.

Tentu saya semakin bersemangat untuk mensosialisasikan penggunaan gula aren ini kepada keluarga, termasuk juga keluarga besar J  selain lezat dan sekarang juga sudah lebih praktis, gula aren juga dapat dikategorikan sebagai pemanis sehat karena selain memiliki banyak unsur yang dibutuhkan oleh tubuh, proses larutnya gula aren di dalam tubuh kita juga membutuhkan waktu yang lama dan perlahan, sehingga akan memberikan energi dalam rentang waktu yang juga lebih lama.

Selain itu, gula aren juga mengandung kadar gula yang lebih rendah sehingga relatif lebih aman untuk penderita diabetes. Gula aren juga dipercaya mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga bisa melindungi tubuh dari anemia.

Dan… gula aren juga dipercaya mengandung anti oksidan. Tahu kan, apa gunanya anti oksidan bagi tubuh kita? anti oksidan akan membantu kita melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan diyakini mampu mencegah berbagai jenis kanker. Anti oksidan juga membantu kita memperkuat system kekebalan tubuh, juga membantu memperlambat proses penuaan pada sel-sel tubuh sehingga fungsi tubuh akan tetap terjaga.

Jadi, tunggu apa lagi? yuk kita beralih ke pemanis sehat J



5 komentar:

  1. kembali ke alam lebih sehat ya mbk :D

    BalasHapus
  2. hehe.. betul mbak. makasih ya dah mampir :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga pemanis aren yang sehat bertambah luas pemakaiannya. Itu akan berefek pada pada ekonomi pedesaan. Makasih ya Mbak Rita.
      Salam hangat

      Hapus
  3. Mbak enternya terlalu panjang... jedanya panjang ke komentar...

    Back to topic... btw gula semut itu bentuknya kayak gula pasir putih itu yaa

    BalasHapus
  4. Terima kasih sudah turut berpartisipasi di Lomba Blog Peduli Pemanis Sehat

    Artikel sudah tercatat sebagai peserta ya mbak

    BalasHapus