Translate

Jumat, 22 Mei 2020

Tentang Hidup Di Tengah Pandemi


Halo, Assalamualaikum...
Gimana kabarnya? Semoga baik-baik saja ya. Semoga sehat-sehat saja semua. Semoga masih bisa terus konsisten mengikuti anjuran pemerintah dalam melawan pandemi yang seakan tiada habisnya ini ya.

Situasi yang terjadi memang tampaknya menjadi semakin menakutkan dan membingungkan. Banyak orang yang sudah mulai merasa bosan untuk terus diam di rumah saja, mulai mengabaikan social distancing, bahkan beramai-ramai mudik, beramai-ramai memenuhi pasar untuk berbelanja keperluan lebaran. Virus Corona, seakan sudah bukan hal yang menakutkan lagi bagi mereka.
Saya paham sih, mereka itu sebenarnya bukannya tak lagi takut. Bukannya tak lagi peduli. Tapi ya jujur saja... diam di rumah selama berbulan-bulan itu, untuk orang-orang tertentu memang bisa saja mencabut kewarasan.
Untuk yang lain, diam di rumah itu berarti tidak mendapatkan penghasilan untuk menghidupi keluarga.
Saat dua minggu pertama diserukan untuk di rumah saja, mungkin semua  masih optimis. Masih berpikir bahwa ini hanya akan berlangsung selama 2 minggu saja. Namun sekarang semua sudah berubah menjadi serba tidak pasti.
Tidak pasti sampai kapan harus tetap diam di rumah, sampai kapan harus hidup dengan penghasilan yang tidak menentu, sampai kapan harus terus kucing-kucingan dengan virus Corona.
Kondisi serba tidak pasti yang pastinya akan membuat sebagian orang merasa stress, kalut, yang ujung-ujungnya lalu: “Ah sudahlah, mau sampai kapan begini terus. Life must go on...”
Yang kemudian berdampak pada kekecewaan kelompok masyarakat lain yang benar-benar patuh mengikuti anjuran pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran virus Corona.

Yups, kita memang takut. Kita memang bingung. Seperti sudah nggak tahu lagi musti ngapain menghadapi virus yang tidak terlihat, tetapi begitu mudah dan cepat menyebar dan menjangkiti semua orang.
Kita capek terus-terusan diam di rumah sampai batas waktu yang entah sampai kapan. Kita resah karena penghasilan menjadi tidak menentu secara tiba-tiba. Kita sedih karena begitu banyak saudara-saudara kita di luar sana yang mendadak kehilangan pekerjaan dan menjadi pengangguran.
Meski begitu, ada baiknya kita tetap tenang ya. Karena jika kita panik berlebihan, justru akan membuat suasana semakin tidak menentu.
Tetap tenang, ikuti anjuran pemerintah sebisa mungkin, sambil terus memantau setiap perkembangan dan informasi yang pasti akan terus tersaji melalu berbagai media.

Ngomong-ngomong tentang informasi, baru-baru ini kumparan.com meluncurkan Pusat Informasi Corona yang berisi berbagai rujukan informasi terpercaya dan terlengkap seputar Corona.
Di laman ini, kita akan mendapatkan berbagai berita dan informasi seputar Corona, daftar hotline beserta situs informasi Corona di seluruh Indonesia, rumah sakit rujukan, hingga kumpulan doa untuk menenangkan hati di tengah pandemi dan berbagai tips serta informasi hiburan untuk menjaga kewarasan agar tetap berada di tempatnya.

Bagi yang ingin berdonasi untuk membantu saudara-saudara kita yang terdampak Corona, kumparan juga membuka donasi melalui kumparanDerma yang akan menyalurkan  bantuan kita untuk membeli bahan pangan maupun APD, yang akan diberikan kepada mereka yang membutuhkan.
Diharapkan, laman ini akan bisa membantu kita memperoleh informasi-informasi akurat seputar Corona, membuat kita merasa lebih tenang dalam menghadapi pandemi ini. Tidak merasa sendirian, saling membantu, bahu membahu, dan menyemangati supaya kita semua dapat melewatinya bersama-sama.
Semoga kita semua tetap sehat. Selalu dalam perlindunganNya, dan tetap semangat ya.. :)


#TenanguntukMenang
#BerkahNulisdiRumah

2 komentar:

  1. Waahh udah lama banget nggak pernah buka kumparan, biasanya saya sering nulis di sana, dan baca-baca banyak berita dan artikel.

    Menarik sih, apalagi kalau ada khusus masalah covid-19 dengan puasat informasi corona :)

    Saya juga kadang cari informasi corona, semoga pandemi akibat virus tersebut segera berlalu, aamiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, karena kadang berita simpang siur yang bikin tambah was2... Perlu laman yg akurat dan terpercaya😊

      Hapus