Translate

Minggu, 11 November 2018

Serial St. Clare - Enid Blyton


Mau cerita-cerita lagi tentang buku serial yang jadi favorit saya (hampir semua buku yang saya punya favorit sih hihihi...).

Ditulis oleh penulis yang juga favorit saya, Enid Blyton. Bercerita tentang St. Clare, sebuah sekolah putri berasrama yang berada di salah satu wilayah di Inggris, yang selalu penuh dengan keseruan, tantangan, keisengan, lengkap dengan berbagai kisah sedih dan menyenangkan yang selalu mengiringinya.
Tokoh utama dalam cerita ini adalah 2 gadis kembar, Patricia dan Isabel O’Sullivan, yang pada buku pertama dikisahkan bahwa mereka sangat kesal ketika tahu harus bersekolah di St. Clare.
Pat dan Isabel menganggap bahwa St. Clare adalah sekolah yang   membosankan dan tidak menyenangkan. Sehingga pada minggu-minggu pertama di St. Clare, mereka bersikap membangkang, seenaknya, angkuh, dan juga sombong.
Namun seiring waktu berjalan, St. Clare berhasil mengubah pandangan kedua gadis itu dan juga mengubah karakter mereka menjadi pribadi-pribadi yang jauh lebih baik dan menyenangkan.
Selain Pat dan Isabel, serial ini juga menceritakan banyak tokoh lain penghuni asrama yang memiliki berbagai sifat dan karakter yang berbeda-beda.
Membaca buku ini membuat saya terhanyut dan seperti ikut menjadi bagian dari mereka. Ikut terkikik geli saat membaca bagian yang lucu, ikut deg-degan saat membaca bagian yang menegangkan, dan ikut mengharu-biru saat sampai di bagian yang menyedihkan.

Saya punya 6 buku yang mana setelah saya cek di google ternyata ada 9 buku dalam serial ini. Kebetulan yang saya punya memang berurutan dari nomer 1 sampai 6. Jadi saya tidak tahu bahwa ternyata masih ada lanjutannya.

Buku 1 sampai 3 bercerita tentang Pat dan Isabel serta teman-temannya yang masih duduk di kelas 1.  Buku 4 menceritakan saat mereka duduk di kelas 2. Di buku 5 mereka duduk di kelas 4. Sedangkan di buku 6 mereka sudah duduk di kelas 5.

Oh ya, di St. Clare ini, kelas 1 sampai 3 itu setara dengan SMP ya, sedangkan kelas 4 sampai 6 setara dengan SMA. Kesimpulan saya begitu sih, hehe.... melihat usia para tokoh yang diceritakan di serial ini.

Nah ini dia judul-judulnya:

1.   Si Kembar Di Sekolah Yang Baru
2.   Kembali Ke St. Clare
 3.   Musim Panas Di St. Clare
4.   Kelas Dua Di St. Clare
5.   Claudine Di St.Clare
6.   Kelas Lima Di St. Clare

Nah, kemungkinan di buku yang ke 7 sampai 9 menceritakan saat mereka duduk di kelas 6.
Mungkin nanti akan saya cari supaya koleksi St. Clare saya lengkap. Kalau tidak bisa menemukan yang baru, bekas pun tidak apa-apa ^_^
Temans, ada yang membaca ini juga?

1 komentar:

  1. aku lupa udah baca sampe mana yaa.. kayaknya idem baru sampe buku ke 6. itu juga baca di perpus komplek. akunya keburu pindah jadi ga lanjutin lagi bacanya

    BalasHapus