Halo,
Assalamualaikum...
Gimana
puasanya? Semoga selalu lancar ya...
Semoga
semua selalu sehat. Dan masih tetap bersabar, mengikuti berbagai anjuran
pemerintah untuk melawan pandemi yang seakan tiada habisnya ini.
Kali
ini saya sedang pingin cerita tentang pengalaman pertama saya melakukan
pengembalian barang dan dana di Shopee. Ternyata cukup memakan waktu juga ya,
sampai 15 hari... padahal barang yang saya beli adalah pompa air yang sangat
penting untuk kami. Jadinya kami harus menggunakan dana darurat untuk membeli
lagi dari toko lain sementara menunggu pengajuan pengembalian saya dikabulkan.
Kenapa
sampai selama itu dikabulkannya? Ya yang pasti sih (menurut saya) karena pihak
Shopee ingin melakukan yang seadil-adilnya terhadap pembeli maupun penjual
ya... mereka juga pasti tidak ingin
melakukan kesalahan yang nantinya akan merugikan salah satu pihak.
Awalnya
adalah saat saya menerima barang pada tanggal 11 April. Ketika kemasan dibuka, ternyata barang sudah seperti
bekas alias tidak baru. Padahal di chat kami sebelumnya, penjual sudah
memastikan bahwa barang tersebut adalah barang baru.
Tadinya,
meski merasa kecewa, saya dan suami memutuskan untuk tidak mempermasalahkannya.
Yang penting barang bisa digunakan sebagaimana fungsinya.
Yang
ternyata tidak.
Motor
dari pompa air itu berputar dengan lambat, tidak sebagaimana mestinya. Dan
beberapa menit setelahnya tercium bau seperti terbakar dan tidak lama kemudian
pompa air tersebut mengeluarkan asap dan selanjutnya listrik saya anjlok.
Maka
pada hari itu juga saya segera mengajukan permintaan pengembalian barang dan
dana ke Shopee.
Yang
baru direspon keesokan harinya yaitu tanggal 12 April.
Shopee
meminta bukti dari saya berupa foto kerusakan produk serta foto kondisi kemasan
saat diterima.
Awalnya
saya bingung bagaimana cara memfoto kerusakan produk karena produk hanya
terlihat rusak saat dinyalakan. Sementara kalau hanya melalui foto saja maka
tentu perputaran motor yang pelan tidak akan terlihat. Begitu juga asap yang
keluar tipis-tipis juga sangat susah tertangkap oleh kamera.
Tapi
akhirnya saya kirim juga foto yang diminta meskipun hati rasanya dag dig dug
karena foto bukti kerusakan yang saya kirim benar-benar terlihat lemah.
Beruntung,
keesokan harinya, tanggal 13 April, pihak
Shopee akhirnya meminta saya membuat video tentang kerusakan produk, dan
menguploadnya di youtube.
Nah
di video itulah baru saya merasa puas melampiaskan kekecewaan saya terhadap
barang yang saya terima itu, hehehe.... dan dengan video itu pula kerusakan yang
terjadi jelas terlihat dan asap yang keluar juga bisa terlihat. Legaaa... sekali rasanya hihi...
Saya
mengupload video tersebut di hari itu juga dan mengirimkan linknya ke Shopee.
Tanggal
15 April, Shopee meminta bukti /
sanggahan / klarifikasi / konfirmasi, atau apapun itu dari pihak penjual dan
memberi waktu hingga tanggal 16 April
pukul 1 siang.
Dalam
kurun waktu itu, penjual hanya memberikan sanggahan-sanggahan yang kurang
meyakinkan, seperti sudah pasrah jika akhirnya saya yang akan dimenangkan oleh
pihak Shopee.
Dan
pada tanggal 17 April, Shopee
kembali meminta bukti/sanggahan yang lebih meyakinkan dari penjual, dan diberi
waktu sampai jam 1 siang di hari itu juga, yang ternyata tidak dapat dipenuhi
oleh penjual.
Dan
sore harinya di hari yang sama, Shopee akhirnya mengabulkan pengajuan saya dan
meminta saya untuk segera mengirimkan kembali pompa air tersebut kepada
penjual.
Tanggal
18 April, saya mengirimkan barang tersebut ke
penjual dan diterima oleh penjual pada tanggal 20 April.
Saya
kira saya akan segera menerima uang saya saat itu, tapi ternyata masih harus
menunggu pihak penjual memeriksa barang dan memberikan konfirmasi ke Shopee,
yang mana sepertinya penjual sudah lepas tangan dan tidak kunjung memberikan
konfirmasi ke shopee.
Saya
lalu bertanya melalui fasilitas chat dengan admin Shopee dan mendapat jawaban
bahwa jika sampai tanggal 25 April pihak
penjual tidak memberikan konfirmasi, maka akan terkonfirmasi secara otomatis
dan uang saya akan kembali.
Benar
saja sih, tanggal 26 April saya cek saldo ShopeePay dan uang saya sudah
kembali.
Harus
menunggu cukup lama, tapi memang terlihat bahwa pihak Shopee betul-betul
berhati-hati dalam memutuskan masalah. Walaupun saya tetap rugi sih, karena
ongkos kirim saat mengembalikan barang ke penjual tetap saya yang menanggung.
Tapi ya sudahlah tidak apa-apa yang penting uang saya bisa kembali.
Ini
mungkin bisa jadi tips untuk teman-teman yang akan membeli barang yang harganya
mahal di Shopee:
Lihat sudah berapa banyak barang
tersebut terjual berikut bintangnya.
Toko
yang sebelah kanan, adalah toko yang saya beli.
Lihat
kan? perbedaan harganya cukup lumayan. Dan jiwa emak-emak ngirit saya membuat
saya lebih tertarik untuk membeli di toko yang kanan.
Saya
tidak memperhatikan bahwa toko yang kiri sudah menjual 2 barang dan memiliki 5
bintang.
Sementara
yang kanan, waktu itu belum ada tulisan terjualnya dan otomatis belum memiliki
bintang. Sekarang tertulis 1 terjual itu kemungkinan karena pembelian
dari saya.
Dan
anehnya lagi, di toko tempat saya membeli itu tertulis bahwa stoknya ada 14,
tapi penjual chat saya dan mengatakan bahwa barang tinggal stok yang didisplay
di toko dan memastikan apakah saya mau stok display.
Saya
bilang, kalau kondisinya masih baru ya tidak masalah... dan penjual memastikan
bahwa barang masih baru.
Yang
ternyata setelah barang saya terima, kondisinya seperti yang saya ceritakan di
atas.
Lebih
heran lagi, saat saya iseng ngecek ke toko itu lagi, tertulis stoknya masih 13
lho.. dan waktu saya klik beli, lha kok masih bisa dibeli... bukannya suudzon,
tapi jangan-jangan nanti pembeli yang berikutnya akan dikirim barang yang sama
dengan saya...?
Intinya,
kalau mau membeli barang yang harganya cukup mahal, sebaiknya diperhatikan
bintang yang sudah dia dapat ya... supaya tidak perlu mengalami hal seperti
yang saya alami.
Sekali
lagi bukannya suudzon... tapi lebih ke waspada saja sih ya..
Semoga
apa yang saya sampaikan ini bermanfaat ya teman-teman. Terima kasih sudah
membaca. Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga senantiasa diberikan
kemudahan. Dan tetap jaga kesehatan ya... semoga pandemi ini segera berlalu dan
semua kembali normal. Aamiin......
Tidak ada komentar:
Posting Komentar