Translate

Minggu, 03 Januari 2016

My First Dawet




Kemarin jalan-jalan ke toko bahan kue (tbk) dan melihat ada cetakan dawet yang model tekan begini,


Wah, kok tiba-tiba jadi pengen bikin dawet ya. Beberapa waktu lalu sih sempet ngubek-ubek google dan ketemu beberapa resep membuat berbagai macam dawet. Kayaknya sekaranglah saat yang tepat untuk mencoba, hehe.....
Lagi sibuk mikir-mikir apa saja bahan membuat dawet, eh mbaknya yang jualan bilang kalau saya beli cetakan itu akan dapat satu sachet tepung dawet instan. What? Yeeeiiiyyy.... boleh juga nih. Jadi saya gak perlu mencampur2 berbagai macam tepung, cukup satu tepung instan itu aja.
Tapi pas saya bilang ke mbaknya kalau saya mau beli tepung instannya satu lagi (maksudnya biar punya 2 sachet), eh si mbak bilang gak jual. Jadi kalau mau tepung itu ya harus beli cetakan dawetnya dulu. Eya ampyun, jadi kalau mau beli 10 sachet musti beli cetakannya dulu 10 biji. Hihi...Ya udah deh, besok-besok saya bikin saja sesuai resep yang di google.
Etapi untung juga lho, saya cuma punya satu sachet tepung instannya, soalnya pas saya buat kok rasanya nggak seenak dawet-dawet yang saya biasa beli itu. Ya enak sih.... tapi kok gimanaaa gitu seperti ada yang kurang. Seperti tidak ada ke-khas-an yang sering saya temukan ketika menyeruput minuman yang sering dibilang Traditional drink from Java itu.
Bagi teman-teman yang tinggal di Purworejo pasti sudah familiar dengan segarnya dawet ireng yang di depan kantor pos. Waktu baru pindah dulu sempet ngicip beberapa kedai dawet dan dawet ireng depan kantor pos inilah yang paling nyangkut di hati hehe...  nanti kapan2 bikin reviewnya deh. Masalahnya saya tuh suka malu kalau lagi jajan trus moto-motoin dulu makanan dan minuman yang mau dimakan, hihi... padahal kalau dipikir2 kenapa harus malu ya, toh orang2 lain juga pada begitu. Tapi ya gitu deh, makanya saya belum pernah review2 tempat makan, tempat jajan dan sebangsanya hehe.....
Nah, intinya saya sedikit kecewa karena dawet yang saya buat ini gak seenak dawet ireng depan kantor pos itu. Emang di mana2 kalo yang instan memang nggak akan seenak yang tidak instan ya (aduh belibet nih kata2nya).
Tapi saya juga nggak bilang nggak enak lho ya. Untuk ukuran makanan instan ya lumayanlah. Rasa framboze. Warnanya pink. Kalau dawet-dawet yang biasa kan warnanya hijau atau hitam ya...

Karena dawetnya instan, saya gak bisa kasih resepnya dong hehe... jadi saya tulisin resep kuah santan dan sirup gulanya aja ya.
Yaelah, resep gituan doang semua orang juga udah pada tau kali. Hehe... gak papa-lah, siapa tau ada yang belum tau  ya teman-teman.....
Resep Kuah Santan:
500 ml santan sedang
½ sdt garam
2 lembar daun pandan
Cara membuat:
Rebus semua bahan sampai mendidih.
Resep Sirup Gula:
500 gr gula merah
400 ml air
2 lembar daun pandan
Cara membuat:
Rebus semua bahan sampai mendidih dan agak mengental. Saring.
Udah, gitu aja. Mudah kan? Nanti kapan2 saya mau bikin yang benar2 dawet. Maksudnya bukan yang instan, gitu. Mau nyoba resep dawet ireng khas Purworejo, atau dawet ayu Banjarnegara.
Doakan ya teman2, supaya nanti kalau bikin lagi bisa seenak yang diharapkan.....

2 komentar:

  1. aduh...selesai baca..langsus..nyesss di tenggorokan..apalagi minumnya...pasti seger banget..merah-merah pula...

    BalasHapus
  2. Lumayan menyegarkan di siang hari yg panas ini mbak 😊 terimakasih ya sdh mampir...

    BalasHapus