Sabtu, 31 Oktober 2020

Nyobain Shopee Live Yuk...

 

Ada yang sedang mencoba peruntungan berjualan di Shopee, dan merasa galau karena penjualan tak kunjung meningkat?

Toss dulu kalau begitu, hihihi....

Langkah saya juga tersendat-sendat di Shopee bahkan cenderung stuck.

Paham sih, orang kebanyakan akan memilih toko berlabel Star Seller saat berbelanja di Shopee, karena saya pun begitu juga. 

Toko-toko yang belum memiliki predikat Star Seller dipastikan akan sulit mendapatkan pembeli. Ya ada sih... tapi jumlahnya sedikit sekali.

Sedangkan untuk mendapatkan predikat Star Seller itu kan salah satu syaratnya harus memenuhi jumlah penjualan yang sudah ditargetkan oleh Shopee. Sementara toko juga kesulitan menjual barang tanpa mengantongi predikat Star Seller. Nah mbulet-mbulet saja begitu hehehe....

Jadi memang penjualan terbesar dipegang oleh pemain-pemain lama. Apalah saya yang baru belajar jualan online, di tengah hiruk-pikuk transaksi jual beli di shopee  :D

Saya sudah akan menyerah dan berhenti sebenarnya, ketika adik ipar saya bercerita, bahwa dia sudah berhasil menjual banyak barang di Shopee melalui Shopee Live.

Wow, takjub dong saya... secara adik saya tersebut baru saja membuka akunnya. Dan di tokonya dia, belum terpajang satu pun foto barang-barang yang hendak dijual.  Kok bisaa..?  Ya, melalui Shopee Live itu dia jualannya.

Dengan Shopee Live kita bisa lebih mudah menjangkau pembeli, karena kita berinteraksi langsung dengan pembelinya. Pembeli akan lebih mudah percaya sekalipun toko kita belum berpredikat Star Seller, bahkan belum memajang satu pun foto barang dagangan di akun toko.

Ya memang perjuangannya tidak mudah juga sih, karena banyak Star Seller yang jualan di Shopee Live juga. Adik saya biasa live streaming hingga beberapa jam lamanya, dan bisa menjual lebih dari 5 barang sekali live.

Ya kalau dibandingkan dengan penjual-penjual besar yang sekali live bisa menjual puluhan bahkan ratusan barang, memang jumlah tersebut sangat tidak berarti, tapi bagi penjual pemula seperti kami, 5 barang dalam satu hari itu prestasi banget lho, hihihi...

Kita hanya perlu menyediakan waktu khusus untuk fokus menjajakan barang jualan kita, dan jaringan internet yang bagus dan stabil.

Cara memulainya juga gampang kok, sudah ada panduan step by stepnya di aplikasi Shopee.

Buat yang masih galau dan bingung bagaimana cara meningkatkan penjualan di Shopee, yuk cobain Shopee Live... mudah-mudahan bisa menjadi jalan untuk mendongkrak penjualan teman-teman.

Dan jangan gampang menyerah ya... kalau hari ini belum ada pembeli, besok dicoba lagi... kalau perlu setiap hari live streamingnya... ya namanya juga berikhtiar ya...

Semoga berhasil, dan tetap semangat... ^_^

2 komentar:

  1. Dibuatkan akun shopee tapi nggak pernah jualan barang, giliran pingin jualan barang, ternyata hp nggak mau diajak kompromi. Terus piye jal? Wkwk

    BalasHapus
  2. Aku sempet pengen ngelive di shopee. Tapi, suka engga pede, kak. Karena stok di rumah enggak begitu banyak. Huhu gimana ya tipsnya kak?

    BalasHapus