Translate

Selasa, 02 Agustus 2016

Semur Tahu Telur Kentang



Kak Raki sekarang sudah kelas 6, dan tiba-tiba saja jadwalnya menjadi begitu padat. Jika biasanya dia bisa bersantai-santai di pagi hari sebelum berangkat sekolah, sekarang tidak lagi. Kakak harus berangkat super pagi karena ada tambahan jam pelajaran untuk kelas 6 di pagi hari.

Siangnya juga. Sekarang Kakak pulangnya jadi lebih lama karena gurunya kembali memberikan tambahan pelajaran setelah jam pulang sekolah.
Ibu wali kelas meminta semua anak kelas 6 untuk membawa bekal makan siang. Jadi deh, sekarang setiap pagi saya terjun ke dapur menyiapkan bekal untuk Kakak.
Sebelum-sebelumnya Kakak nggak pernah bawa bekal makan siang. Karena waktu pulangnya bertepatan dengan jam makan siang, jadi Kakak selalu bisa makan siang di rumah. Kalau sekarang, dari hari Senin sampai Kamis, Kakak makan siang di sekolahan.
Kali ini Kakak minta dimasakin semur tahu dan kentang. Oke deh... dan karena Rafka suka telur, akhirnya saya tambahkan juga telur puyuh buat Rafka.
Ini dia resep semur tahu telur kentang ala saya temans...
Bahan:
5 buah tahu kulit/tahu coklat. Potong-potong sesuai selera.
20 butir telur puyuh. Rebus.
½ kg kentang. Potong-potong, goreng.
1½ sdm gula merah sisir.
4 sdm kecap manis.
1 sdt kaldu bubuk
Garam dan merica bubuk secukupnya.
Air +/-  500 ml.
Bumbu halus:
8 butir bawang putih.
10 siung bawang merah.
4 butir kemiri.
Cara membuat:
Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan air dan bumbu-bumbu lain. Masukkan tahu, kentang, dan telur. Masak hingga matang dan kuah sedikit menyusut. Selesai.

 Biasanya sih saya ngasih bekal Kakak tuh yang sayurnya tumis-tumisan gitu.. pokoknya yang nggak berkuah. Pernah sih sekali sayur yang sedikit berkuah. Eh kuahnya tumpah... untung kotak makannya saya bungkus pakai plastik kresek. Jadi tasnya nggak kotor. Dan untung juga plastik kreseknya nggak bocor...
Nah karena semur yang saya buat kali ini kuahnya agak banyak, saya coba bawain bekal Kakak pakai soup bowl dari Tupperware

Eh ternyata nggak tumpah lho... padahal seperti biasa, Kakak bawanya agak-agak sembarangan... miring-miring gitu deh...
Produk ini memang dibuat khusus untuk membawa sup atau makanan berkuah lainnya. Masih ada beberapa lagi produk dari Tupperware yang bisa dipakai untuk membawa cairan tanpa harus takut tumpah. Kalau temans mau membawa makanan berkuah dengan menggunakan Tupperware, pilih yang jenis classic round sealya. Dijamin gak akan tumpah airnya.
Produk-produk yang termasuk dalam jenis classic round seal ini di antaranya ada soup bowl, tumbler, dan beberapa kotak makan yang berbentuk bulat. Jangan sampai salah menggunakan jenis di luar classic round seal ya temans, bisa tumpah nanti airnya... karena setiap produk Tupperware sudah dirancang sedemikian rupa untuk berbagai kegunaan yang berbeda-beda.
Jadi... nggak usah khawatir lagi membawa makanan yang berkuah ya temans, kalau memakai produk yang tepat, dijamin pasti akan baik-baik saja.

5 komentar:

  1. wah mb rita memang chef handal. selamat menyiapkan menu untuk besok siang hehe

    BalasHapus
  2. bumbu kecap seperti ini, kesukaan anak saya dan suami saya nih mba hehe

    BalasHapus
  3. Aku punya wadah kayak gitu, hadiah lomba blog hihihi tapi warnanya orange.

    BalasHapus
  4. Pas nih bahan-bahannya ada. Biasanya semur juga pakai so'un.

    BalasHapus
  5. Ah aku jadi laper nih mba liat gambar semurnya :D

    BalasHapus