Senin, 08 Oktober 2018

Serial Kumbang



Salah satu penulis favorit saya sejak kecil adalah Enid Blyton. Saya membaca hampir semua bukunya meskipun tidak semuanya membeli. Kadang meminjam, kadang menyewa juga. Sampai dewasa, saya tetap tidak pernah bosan membaca ulang buku-bukunya.

Salah satu serial yang saya suka (semua serial saya suka sih sebenarnya) adalah serial kumbang. Ini dulu yang beli adik saya.

Jadi, dulu itu saya dan adik sama-sama suka membaca. Kami menyisihkan uang jajan untuk membeli buku-buku yang kami mau. Buku-buku kami jadi sangaaattt banyak dan kami sudah lupa siapa yang membeli yang mana. Jadi kami gabung saja semua buku yang kami beli dan kami baca bersama. Jadi tidak ada istilah ‘bukumu’ atau ‘bukuku’ melainkan ‘buku kita’.
Nah, yang membeli salah satu buku serial kumbang itu dulu adik saya. Waktu itu saya sempat yang: idih, ini kan buku anak-anak banget. Kok dibeli sih?
Tapi ternyata setelah membaca cerita pertama, saya tidak bisa berhenti untuk lanjut ke cerita-cerita selanjutnya. Apa karena memang saya yang sudah terlanjur cinta dengan gaya bahasa Enid Blyton ya? bisa jadi sih. Karena sampai sekarang juga saya masih enjoy kok baca cerita-cerita Enid Blyton meskipun sebenarnya cerita-ceritanya sudah tidak lagi sesuai dengan usia saya.

Setelah tamat membaca buku ini, kami lalu berencana membeli 7 buku lainnya. Tapi apalah daya, uang saku kami terbatas sementara buku yang ingin kami beli masih banyak. Jadilah buku Serial Kumbang ini hanya sempat terbeli satu.

Sampai beberapa waktu lalu saya lihat di sebuah olshop buku ini dicetak ulang. Wah, horeee... saya kegirangan. Lupa sama umur. Langsung pesan dan sekarang.... koleksi serial kumbang saya lengkap. Horeee lagi :D

Serial Kumbang ini adalah buku yang ditujukan untuk anak-anak. Berisi tentang banyak sekali pelajaran kehidupan. Tentang jangan suka berbohong, patuh pada orang tua, baik pada sesama, saling menolong, tidak boleh sombong, rajin menabung, menyayangi binatang, dan banyak lagi pembelajaran hidup yang sebetulnya sih orang dewasa pun juga harus membaca wkwkwk.......
Terdiri dari 8 buku dan setiap buku berisi 7 - 8 judul cerita. Setiap buku diberi judul yang diambil dari salah satu cerita yang ada di dalamnya. Ini judul-judulnya:
1.   Si Babi Ungu
2.   Si Gadis Penakut

3.   Monyet Mike
4.   Tommy Si Pengadu

5.   Tiga Permintaan
6.   Cermin Ajaib

7.   Gadis Kaya Yang Sombong
8.   Anak Dalam Cermin


Selain saya, anak-anak juga cukup antusias saat buku ini datang. Apalagi Rafka yang sudah mulai suka membaca, dan memang sedang senang membaca buku Serial Kumbang saya yang lama, ikut kegirangan saat mendapatkan kejutan berupa buku Serial Kumbang dengan lengkap.
Harapan saya sih, kedepannya dia semakin suka membaca. Karena susah lho, membangkitkan minat baca pada Rafka. Beda dengan si Kakak yang memang suka membaca, Rafka lebih tertarik pada yang bergambar-gambar jadi koleksi bukunya kebanyakan adalah komik.
Mudah-mudahan sih setelah membaca Serial Kumbang ini minat bacanya benar-benar tumbuh dan lanjut membaca buku-buku yang lainnya, bukan hanya komik saja hehehe.....

Temans, ada yang suka Serial Kumbang juga?

4 komentar:

  1. Mb aku lebih suka cover yg versi jadoel huhuuuu

    BalasHapus
  2. wah...bagus bagus banget serialnya.
    Thank you for sharing

    BalasHapus
  3. akuuuuuuu... ya ampuuuun krn dr kecil aku suka baca, semua buku2 enid blyton itu fav ku... sayangnya kebanyakan tinggal di rumah ortu di medan... yg serial kumbang aku beli komplit jg pas liat di gramedia.. pdhl aku udh baca semua zaman kecil ;p... dan anak2ku untungnya suka jg mba... aku mau nularin suka membaca ke mereka :)

    BalasHapus
  4. Illutrasi sampulnya baguuus. Pingin suatu hari bisa seperti mereka ❤️

    BalasHapus