Translate

Rabu, 29 November 2017

Tentang Menawar




Saya tidak pandai menawar. Dan tidak suka. Bukannya saya banyak duit atau tidak butuh duit atau apa, hanya saja saya memang malas membuang-buang waktu untuk menawar yang pada akhirnya toh tidak berhasil dan tetap membayar dengan harga awal.

Iya, saya suka nggak enak hati kalau menawar, apalagi terkadang suka ada pedagang yang sepertinya langsung ketus begitu saya mulai menawar, jadi ya sudahlah, tidak jadi menawar.
Nah, ketika saya mulai membuka warung kecil-kecilan beberapa tahun yang lalu di rumah lama di Bekasi, saya baru merasakan kesalnya ketika barang jualan kita ditawar dengan seenaknya.
Jadi ceritanya ada seseibu yang belanja di warung saya dan bilang begini: “Idih, si embak, masa ambil untung seribu. Kebanyakan tuh... di mana-mana mah pedagang tuh ngambil untung gopek...”
Jreng jreng.... saya agak syok dengarnya hehe. Lah buat beli bensin ke tempat belanjanya aja berapa, belum bayar parkirnya, belum beli minum kalau haus. Rasanya kok sedih sekali kalau ambil untung hanya lima ratus rupiah per itemnya (saat itu sekitar tahun 2006 atau 2007 gitu saya lupa).
Dan posisi saya saat itu hanyalah mengandalkan keuntungan dari warung saja karena suami baru saja terkena PHK.
Nah jadi sekarang saya kadang suka mikir juga kalau mau nawar, takutnya pedagang tersebut sedang mengalami masa-masa sulit seperti yang pernah saya alami dulu.
Tapi beda cerita ya kalau sedang berada di tempat-tempat wisata semacam Malioboro atau Candi Borobudur. Di tempat-tempat wisata semacam itu kabarnya sih pedagang menaikkan harga barang dengan cukup tinggi. Jadi sebaiknya kita menawar. Tidak menawar juga tidak apa-apa sih. Tergantung isi dompet dan keikhlasan saja hehe.....
Tapi tetep sih, saya juga tidak menawar terlalu banyak. Saya biasanya menawar dengan harga yang kira-kira sekali tawar langsung dikasih. Hihihi.... cemen ya. Iya, saya memang paling malas kalau disuruh adu ngeyel dengan pedagang.
Saya jadi ingat dulu jaman masih kuliah, biasanya kalau mau belanja baju atau apa gitu di Malioboro atau Pasar Beringharjo, saya pasti akan mengajak seorang sahabat saya yang sangat pandai menawar. Wah dia getol sekali kalau menawar, bisa dipastikan pasti dapat hehehe.... jadi saya dan beberapa teman pasti minta ditemani dia kalau belanja supaya bisa dibantu menawar harga barang, hahaha....
Sekarang sih saya sudah semakin jarang menawar, hampir tidak pernah. Eh pernah sih beberapa waktu lalu beli celana pendek buat Kak Raki di pasar, saya tawar sekali, masnya yang jual bilang: “wah belum dapat tuh Bu...”  oh ya sudah, saya bayar dengan harga awalnya. Beres, cepat, tidak ribet. Bahahaha..... *jumawa
Kalau semacam sayur mayur dan bumbu dapur sih saya memang tidak pernah menawar. Lha ngebayangin para penjual itu tengah malam sudah berangkat ke pasar induk untuk belanja barang dagangan. Atau kal au yang menanam sendiri juga ngebayangin capeknya dia dari menanam, merawat, sampai memanen... apa ya masih tega gitu buat nawar?
Kan sering ya ada ibu-ibu yang ketika membeli seikat kangkung yang cukup murah saja masih nawar. Duh kan kasihan sama pedagangnya kalau begitu.
Menawar sih sah-sah saja, tapi tetap harus dilihat juga situasi dan kondisinya. Betul tidak...?

5 komentar:

  1. Klo aku sebelum mbeli..tanya harga pasaran dulu mba. Paling nggak ngerti standard rate nya, ntar klo pas mbeli kok keliatan jauh diatas rata2..baru tak tawar. Klo sudah standard..ya nawarnya basa basi..dapat syukur..nggak juga nggak apa2

    BalasHapus
  2. Saya gak bisa menawar. Pokoknya kalau memang gak sreg, langsung aja tinggalin :D

    BalasHapus
  3. Boleh menawar asal jangan sampai kelewatan cara nawaar nya yach

    BalasHapus
  4. kalo yang jualan sudah tuaa banget
    mau nawar gak tega ya tante

    BalasHapus
  5. Saya juga jarang nawar dagangan kalau mau beli sesuatu. Sekalinya nawar langsung dikasih, saya tidak merasa gelo karena ternyata kemahalan. Prinsip saya, beli sesuatu di toko yang mahal saja gak nawar juga langsung okey. Hehe.

    barusan, ada teman menawarkan satu paket buku isi 10 tentang penulisan. Saya nggak nawar blas. Biarlah, dia kan juga gak untung. E... ndilalahnya kok malah dikasih potongan harga. Mungkin, inilah yang dinamakan rezeki Ibu Sholehah hahaha

    BalasHapus