Minggu, 26 April 2020

Pengembalian Barang Dan Dana Di Shopee


Halo, Assalamualaikum...
Gimana puasanya? Semoga selalu lancar ya...
Semoga semua selalu sehat. Dan masih tetap bersabar, mengikuti berbagai anjuran pemerintah untuk melawan pandemi yang seakan tiada habisnya ini.


Kali ini saya sedang pingin cerita tentang pengalaman pertama saya melakukan pengembalian barang dan dana di Shopee. Ternyata cukup memakan waktu juga ya, sampai 15 hari... padahal barang yang saya beli adalah pompa air yang sangat penting untuk kami. Jadinya kami harus menggunakan dana darurat untuk membeli lagi dari toko lain sementara menunggu pengajuan pengembalian saya dikabulkan.
Kenapa sampai selama itu dikabulkannya? Ya yang pasti sih (menurut saya) karena pihak Shopee ingin melakukan yang seadil-adilnya terhadap pembeli maupun penjual ya...  mereka juga pasti tidak ingin melakukan kesalahan yang nantinya akan merugikan salah satu pihak.

Awalnya adalah saat saya menerima barang pada tanggal 11 April. Ketika kemasan dibuka, ternyata barang sudah seperti bekas alias tidak baru. Padahal di chat kami sebelumnya, penjual sudah memastikan bahwa barang tersebut adalah barang baru.
Tadinya, meski merasa kecewa, saya dan suami memutuskan untuk tidak mempermasalahkannya. Yang penting barang bisa digunakan sebagaimana fungsinya.
Yang ternyata tidak.
Motor dari pompa air itu berputar dengan lambat, tidak sebagaimana mestinya. Dan beberapa menit setelahnya tercium bau seperti terbakar dan tidak lama kemudian pompa air tersebut mengeluarkan asap dan selanjutnya listrik saya anjlok.
Maka pada hari itu juga saya segera mengajukan permintaan pengembalian barang dan dana  ke Shopee.
Yang baru direspon keesokan harinya yaitu tanggal 12 April.
Shopee meminta bukti dari saya berupa foto kerusakan produk serta foto kondisi kemasan saat diterima.
Awalnya saya bingung bagaimana cara memfoto kerusakan produk karena produk hanya terlihat rusak saat dinyalakan. Sementara kalau hanya melalui foto saja maka tentu perputaran motor yang pelan tidak akan terlihat. Begitu juga asap yang keluar tipis-tipis juga sangat susah tertangkap oleh kamera.
Tapi akhirnya saya kirim juga foto yang diminta meskipun hati rasanya dag dig dug karena foto bukti kerusakan yang saya kirim benar-benar terlihat lemah.
Beruntung, keesokan harinya, tanggal 13 April, pihak Shopee akhirnya meminta saya membuat video tentang kerusakan produk, dan menguploadnya di youtube.
Nah di video itulah baru saya merasa puas melampiaskan kekecewaan saya terhadap barang yang saya terima itu, hehehe.... dan dengan video itu pula kerusakan yang terjadi jelas terlihat dan asap yang keluar juga bisa terlihat.  Legaaa... sekali rasanya hihi...
Saya mengupload video tersebut di hari itu juga dan mengirimkan linknya ke Shopee.
Tanggal 15 April, Shopee meminta bukti / sanggahan / klarifikasi / konfirmasi, atau apapun itu dari pihak penjual dan memberi waktu hingga tanggal 16 April pukul 1 siang.
Dalam kurun waktu itu, penjual hanya memberikan sanggahan-sanggahan yang kurang meyakinkan, seperti sudah pasrah jika akhirnya saya yang akan dimenangkan oleh pihak Shopee.
Dan pada tanggal 17 April, Shopee kembali meminta bukti/sanggahan yang lebih meyakinkan dari penjual, dan diberi waktu sampai jam 1 siang di hari itu juga, yang ternyata tidak dapat dipenuhi oleh penjual.
Dan sore harinya di hari yang sama, Shopee akhirnya mengabulkan pengajuan saya dan meminta saya untuk segera mengirimkan kembali pompa air tersebut kepada penjual.
Tanggal 18 April,  saya mengirimkan barang tersebut ke penjual dan diterima oleh penjual pada tanggal 20 April.
Saya kira saya akan segera menerima uang saya saat itu, tapi ternyata masih harus menunggu pihak penjual memeriksa barang dan memberikan konfirmasi ke Shopee, yang mana sepertinya penjual sudah lepas tangan dan tidak kunjung memberikan konfirmasi ke shopee.
Saya lalu bertanya melalui fasilitas chat dengan admin Shopee dan mendapat jawaban bahwa jika sampai tanggal 25 April pihak penjual tidak memberikan konfirmasi, maka akan terkonfirmasi secara otomatis dan uang saya akan kembali.
Benar saja sih, tanggal 26 April  saya cek saldo ShopeePay dan uang saya sudah kembali.
Harus menunggu cukup lama, tapi memang terlihat bahwa pihak Shopee betul-betul berhati-hati dalam memutuskan masalah. Walaupun saya tetap rugi sih, karena ongkos kirim saat mengembalikan barang ke penjual tetap saya yang menanggung. Tapi ya sudahlah tidak apa-apa yang penting uang saya bisa kembali.

Ini mungkin bisa jadi tips untuk teman-teman yang akan membeli barang yang harganya mahal di Shopee:
Lihat sudah berapa banyak barang tersebut terjual berikut bintangnya.

Toko yang sebelah kanan, adalah toko yang saya beli.
Lihat kan? perbedaan harganya cukup lumayan. Dan jiwa emak-emak ngirit saya membuat saya lebih tertarik untuk membeli di toko yang kanan.
Saya tidak memperhatikan bahwa toko yang kiri sudah menjual 2 barang dan memiliki 5 bintang.
Sementara yang kanan, waktu itu belum ada tulisan terjualnya dan otomatis belum memiliki bintang. Sekarang tertulis  1 terjual itu kemungkinan karena pembelian dari saya.
Dan anehnya lagi, di toko tempat saya membeli itu tertulis bahwa stoknya ada 14, tapi penjual chat saya dan mengatakan bahwa barang tinggal stok yang didisplay di toko dan memastikan apakah saya mau stok display.
Saya bilang, kalau kondisinya masih baru ya tidak masalah... dan penjual memastikan bahwa barang masih baru.
Yang ternyata setelah barang saya terima, kondisinya seperti yang saya ceritakan di atas.
Lebih heran lagi, saat saya iseng ngecek ke toko itu lagi, tertulis stoknya masih 13 lho.. dan waktu saya klik beli, lha kok masih bisa dibeli... bukannya suudzon, tapi jangan-jangan nanti pembeli yang berikutnya akan dikirim barang yang sama dengan saya...?

Intinya, kalau mau membeli barang yang harganya cukup mahal, sebaiknya diperhatikan bintang yang sudah dia dapat ya... supaya tidak perlu mengalami hal seperti yang saya alami.
Sekali lagi bukannya suudzon... tapi lebih ke waspada saja sih ya..
Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat ya teman-teman. Terima kasih sudah membaca. Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga senantiasa diberikan kemudahan. Dan tetap jaga kesehatan ya... semoga pandemi ini segera berlalu dan semua kembali normal. Aamiin......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar