Senin, 18 Februari 2019

Cuci-Cuci Kuas Make Up


 Halo semua... Assalamualaikum...
Rasanya sudah berabad-abad lamanya tidak menulis di blog. Entah kenapa janji untuk rajin menulis di sini selalu saja sulit ditepati dan... seperti yang sudah-sudah, blog ini kembali terbengkalai untuk sekian lama :P

Dan kembali berjanji untuk rajin menulis (lagi), mudah-mudahan janji yang sekarang ini bisa saya tepati, hihi... mohon doanya ya man teman....
Kali ini mau menulis seputar melawan jerawat lagi. hehe...
Alhamdulillah sih, sekarang kulit wajah saya sudah jauh lebih baik. Jerawat-jerawat sudah pergi, paling hanya tumbuh satu atau dua saja ketika periode menstruasi. Hanya saja bekas-bekasnya sungguh sulit dihilangkan. Tapi tidak apa-apa sih, saya sudah merasa cukup bersyukur.
Nah, salah satu langkah yang saya lakukan untuk melawan jerawat adalah rajin mencuci kuas make up. Ini saya diberi tahu oleh seorang teman, dan saya tersadar bahwa dulu saya memang tidak pernah mencuci kuas make up. Ya mungkin itu juga yang menjadi salah satu penyebab terjadinya masalah di kulit saya.
Jadi selain melakukan pengobatan dan perawatan kulit, saya juga mulai rajin mencuci kuas make up.
Nah, barangkali ada ingin tahu, saya mau share cara saya mencuci kuas make up ala saya.
Ini yang sedang mau saya cuci ada 6 kuas. 2 kuas powder, 2 kuas foundation, dan 2 kuas kecil untuk lipstik.

Karena saya tidak punya brush pad, jadi saya menggunakan centong nasi yang memiliki tekstur mirip brush pad.

Sama saja kok fungsinya, hehe.....
Dan untuk membersihkan sisa-sisa foundation yang sulit hilang, biasanya saya menggunakan olive oil, atau baby oil.

Dan untuk membersihkan sisa-sisa olive oil atau baby oil, dan untuk mencuci kuas powder, saya memakai sabun apa saja yang tersedia di rumah.
Bisa sabun apa saja. Kadang saya pakai sabun muka, sabun mandi, sabun cuci tangan, sabun cuci piring juga. Yang penting saya nyari yang ada tulisan anti bacterialnya, seperti ini

Biasanya, saya akan mencuci kuas foundation lebih dulu karena yang paling susah.
Pertama saya tuangkan olive oil / baby oil ke centong nasi

Lalu saya usrek-usrekkan  saja kuas foundation yang telah dibasahi ke centong nasinya

Pokoknya diusrek-usrek  terus sampai semua sisa foundation yang ada di kuas berpindah ke centong nasi. Setelah itu cuci kuas di bawah air mengalir sampai bersih. Dan usahakan posisi kuas menghadap ke bawah ya. Karena kalau menghadap ke atas, dikhawatirkan air akan mengalir membasahi gagang kuas dan merusak lem yang terdapat pada kuas.
Kemudian, saya menuangkan sabun yang anti bacterial tadi ke centong nasi. Lalu kuas foundationnya kembali saya usrek-usrekkan ke centong nasi.


Tujuannya adalah untuk menghilangkan sisa-sisa olive oil / baby oil yang masih melekat di kuas. Setelah itu cuci kembali kuas di bawah air mengalir sampai benar-benar bersih.
posisi kuas menghadap ke bawah
Kemudian lanjut ke kuas powder. Caranya persis sama, hanya saja saya langsung pakai sabun. Karena powder lebih gampang dibersihkan, jadi penggunaan oil-oil-an saya skip.
Kalau kuas kecilnya sih tergantung kebutuhan saja. Kalau rasanya sulit dibersihkan ya saya pakai oil, kalau mudah ya langsung pakai sabun saja.
Setelah semua bersih, tinggal dikeringkan saja. Kalau saya sih biasanya pakai handuk kecil yang saya letakkan di piring. Kemudian kuas-kuas saya letakkan di handuk itu dengan posisi menghadap ke bawah, tujuannya ya supaya air tidak mengalir ke gagangnya. Tunggu sampai kering, dan kuas siap digunakan kembali.

Temans, jangan lupa untuk mencuci kuas-kuas make up nya ya.... itu adalah salah satu ikhtiar kita untuk merawat kulit wajah agar terbebas dari jerawat.
Jangan malas seperti saya dulu, hehehe......
Terima kasih sudah membaca, dan kalau ingin lebih jelas lagi bisa dilihat di video ini ya



2 komentar:

  1. wah amkasih nih tipsnay, hrs rajin ya, kadang aku malas

    BalasHapus
  2. Banyak banget kuasnya mba, emang PRnya kudu rajin di cuci ya mba hehehe

    Saya nih kuasnya gak karuan, disembunyiin bayi di segala sudut, udah gak karuan minta di cuci dulu.
    Tapi emang kuasnya gak sebanyak ini sih, dan nyaris ga pernah di pakai, lebih suka pakai jari hehehe

    BalasHapus